Senin, 05 Desember 2011

resume seminar " PERANAN DAN PELUANG ILMU KOMPUTASI DALAM ERA KONVERGENSI"

kecerdasan adalah kemampuan sistem untuk beradaptasi perilaku untuk memenuhi tujuannya dalam berbagai lingkungan, dan salah satu tinjauan dalam mengambil keputusan. sedangkan arti dari kecerdasan komputasi adalah metodologi yang melibatkan komputasi yang menunjukkan kemampuan untuk belajar dan atau menghadapi situasi baru, seperti sistem yang dianggap memiliki satu atau lebih atribut dari alasan seperti generalisasi, penemuan, asosiasi, dan abstraksi..
peranan dan peluang kecerdasan komputasi yaitu sebagai pemecah masalah, bahan penalaran, pertimbangan, dan prediksi, serta pelatihan implementasi dan aplikasi. 
salah satu contoh pemanfaatan ilmu komputasi di era konvergensi adalah prototipe sistem pendeteksian dini penyakit jantung (heart disease) berdasarkan sinyal EKG (elektrokardiogram) menggunakan algoritma FUZZY LEARNING VECTOR QUANTIZATION.
alur kerja sistem diatas adalah : pertama detak jantung manusia diukur / diketahui polanya menggunakan alat EKG (elektrokardiogram), kemudian dalam pemrosesan data dikirim melalui piranti cerdas yang terlebih dahulu data analog tersebut diubah ke digital, serta pengklasifikasian pola detak jantung, kemudian akan keluar outputan dari alur diatas yaitu visualisasi data mentah, hasil klasifikasi detak jantung, serta hasil analisis detak jantung. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar